SOSIALISASI DAN PELANTIKAN PRAMUKA SAKA PARIWISATA

" event di Pesanggrahan ballroom" 



" Pesanggrahan Ballroom " Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melantik serta mengukuhkan Majelis Pembimbing dan Pimpinan Satuan Karya (Saka) Pariwisata Kwarcab Kukar masa bakti 2014-2017. Rabu, (01/10) kemarin di Hotel Grand Fatma Tenggarong Nyono Jovani General Manager menjelaskan. 

Saka yang berada dibawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini merupakan hasil Keputusan Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka 2013 yang dilaksanakan pada tanggal 2 – 5 Desember 2013.
Acara yang dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) HM. Aswin yang sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Saka Pariwisata Provinsi Kaltim ini menetapkan Kepala Dinas Pariwisata Kukar Sri Wahyuni selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Pariwisata Kwarcab Kukar.

Dalam Sambutannya, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kukar, Edi Damansyah berharap bahwasannya ada esistensi dasar yang harus dimaknai dari prosesi ini yaitu majelis pembimbing dan pimpinan saka adalah bagian dari Kwarcab Gerakan Pramuka Kukar yang secara khusus harus saling bergandengan tangan bersama untuk memajukan gerakan pramuka di Kukar. ”Dari Prosesi seremonial tadi bagaimana terbangunnya jiwa sukarela, rela untuk mengabdikan diri dan waktu kita bersama-sama untuk memajukan gerakan pramuka di Kabupaten Kutai Kartanegara,” harapnya.

Saka Pariwisata sendiri dituntut untuk bersama-sama memajukan pariwisata Kukar, Sejumlah agenda kegiatan sudah disiapkan untuk mencapai tujuan tersebut.
Kepariwisataan sendiri merupakan bagian integral dari pembangunan nasional, provinsi hingga ke pemerintah kabupaten yang penyelenggaraannya dilakukan secara terencana, terpadu, berkelanjutan, dan tanggung jawab dengan tetap menjunjung tinggi norma agama dan nilai budaya, memelihara kelestarian alam dan lingkungan hidup serta memberdayakan masyarakat setempat.

Selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Pariwisata Provinsi Kaltim. Aswin mengucapkan selamat kepada Kwarcab Kukar yang sudah mendapatkan tambahan satu saka ”Saka pariwisata ini merupakan saka yang tidak menjadi beban untuk Kwacab bahkan banyak membantu kwarcab. Saka Pariwisata melakukan kegiatan berdasarkan program sendiri melalui seksi bimbingan masyarakat yang ada di Dinas Pariwisata,” ujarnya.

Semantara itu, Ketua Majelis Pembimbing Saka Pariwisata Kwarcab Kukar yang baru dilanti, Sri Wahyuni mengungkapkan rasa syukur karena pada hari tersebut menjadi sejarah bari Dinas Pariwisata Kukar karena dikukuhkannya Saka Pariwisata di Kukar bertepatan dengan hari Kesaktian Pancasila.
”Pada hari yang sama ini kita telah dikukuhkan menjadi pengurus Saka Pariwisata Kaupaten Kutai Kartanegara. Mudah-mudahan dihari yang bersejarah ini, ketika Saka Pariwisata dikukuhkan di Kukar ini menjadi langkah yang baru dan awalan yang baik bagi kita sekalian untuk terus meningkatkan dan memajukan pembangunan pariwisata di Kukar,” ucapnya.

Dengan terbentuknya Saka Pariwisata ini, Sri juga merasa mendapatkan energi dan agen-agen baru untuk mengembangkan pembangunan kepariwisataan di daerah karena spirit dari anggota pramuka adalah Spirit pengabdian, disiplin dan kerja keras. Sri juga mengaku sangat membutuhkan tenaga-tenaga seperti ini dalam melakukan pembangunan-pembangunan pariwisata di daerah.
Para anggota Saka Pariwisata ini akan dilibatkan dalam kepanitian diseluruh event yang akan diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan salah satunya Festival Kota Raja dalam rangka hari jadi Kota Tenggarong ke 232

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FITNESS CENTER